110816 - Cranes

Some pictures of recent developments in Jogja. Still not sure whether to turn these into their own little series (as the format seems pretty clear already) or to incorporate them into a larger narrative, since I also have other ideas on documenting these physical transformations of the city... You could actually see hints of it here and there in some earlier posts on this blog, if you're interested.



















7 comments:

Wanderer said...

membayangkan jogja yang saya datangai dulu lalu tiba-tiba ada cranes jadi aneh juga

RonnyDM said...

crane itu simbol banyaknya pembangunan atau simbol banyaknya "intervensi" ?

menarik ini foto2nya...

tigasatu said...

wow, wid! kok seri ini terlewatkan oleh gue ya? ck ck, at first glance, i thought like an electron, you were orbiting a crane.

Wid said...

@Ticer:
Nah, itu juga yang kurasain. Walaupun keberadaan mereka sangatlah wajar pada konstruksi gedung bertingkat, tapi kok kayanya ada sesuatu yang lebih janggal pada mereka ketimbang keberadaan gedung-gedungnya itu sendiri...

@Om Ronny:
Secara literal sih pastinya simbol pembangunan fisik ya. Aku nggak yakin apa yg dimaksud dengan "intervensi" di sini, bisa dijelaskan?

@Erwin:
Ah, pengamatan menarik! Aku malah nggak mikirin tentang itu waktu bikin, 'pemilihan' angle di foto-foto ini diambil lebih karena keterbatasan akses dan ada/tidaknya visual barrier aja dari satu titik pandang (keberadaan jalan, tajuk pohon, skyline bangunan lain di sekelilingnya, dll) Kayanya bisa jadi pertimbangan baru ini dalam penyusunan serinya... thanks!

RonnyDM said...

@wid,
pertanyaan tsb adalah yg sy "rasakan" setelah melihat seri foto ini...

maksudnya "intervensi" disini juga berarti pembangunan namun dalam arti yg lebih negatif, mungkin seperti itu...

terbawa dg memori jakarta, saat sy melihat crane sy selalu membayangkan itu sebuah "intervensi" ketimbang sebuah pembangunan (sesuatu yg direncanakan secara matang), terbayang ruang yg akan terjadi kemudian...

buat jogja,
memori sy terbatas di pas 1 bulan setelah gempa, (*terakhir ke jogja), sehingga jadi timbul pertanyaan tersebut setelah melihat seri foto ini...

Wid said...

Hmm, apakah pembangunan² ini konotasinya negatif kurasa cuma baru akan bisa kita lihat setelah beberapa waktu ya... Dari beberapa situs konstruksi ini memang ada beberapa yang detail pembangunannya (aku liatnya mostly lokasinya sih) agak meragukan, tapi sekali lagi kurasa baru setelah gedung² ini fungsional kita bisa melihat bagaimana dia berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

RonnyDM said...

betul, setelah dialami ruangnya dulu baru kerasa...

kalo disini (*jakarta) udah kronis,
jangankan interaksi manusia dg lingkungan, antar kendaraan dan prasarana utilitas kota udah kusut juga :(